Catatan Akhir Tahun

Well… Waw! Gw ga percaya gw sampe di ujung tahun 2016 *seka keringet di jidat*.

 

Nah, gw rasa gw perlu nulis sesuatu yang bahannya secara random udah ada di otak dan di hati sejak lama tapi belum sempet dituliskan dengan gamblang (baca = males). Jadi, bener kalo tadi gw nampak amazed dengan pencapaian gw sejauh ini bisa sampe sini. Iya sih hidup gw secara otomatis hanya ngikutin hari yang terus bergulir, tapi secara mental, susah payah gw menyeimbangkan diri. Abstrak ya? Hehehe…

 

Sembilan bulan awal di 2016 adalah bulan-bulan yang berat buat gw karena gw terseret sama keadaan yang terus menerus menguras gw secara emosi. Yes, I’m not a tree dan gw seharusnya memindahkan posisi ketidaknyamanan gw ke tempat lain yang lebih baik, setidaknya melepas ketidaknyamanan gw. Sungguh, itu juga yang gw usahakan semenjak gw merasa terganggu sama hubungan yang gw jalani. Tapi kenyataannya ngga semudah itu. Ga semua orang berpikir se-simple gw.

 

Gw menandai orang-orang yang komen bahwa gw kurusan dan kemudian ga bisa ngitung lagi karena udah  kebanyakan. Mau ngga mau, gw akhirnya memperhatikan diri sendiri dan kaget saat gw baru nyadar gw kehilangan banyak berat badan. Efek yang wajar sih kalo gw sebelumnya sengaja melakukan diet, tapi yang jadi aneh adalah ketika gw nginget-nginget makan gw kemaren-kemaren tetep banyak dan ngga dijaga. Gw sama sekali lagi ngga dalam program diet. Jadi gw pikir, kemana hasil kunyahan-kunyahan itu pergi?

 

Ini pernah kejadian bertahun-tahun lalu saat gw lagi dalam hubungan yang ngga sehat, walopun dulu ngga kehilangan berat badan sebanyak ini, tapi pembawaan gw yang bikin orang-orang di sekitar menyadari ada yang salah sama gw. Sesungguhnya, gw ga mau ini terjadi lagi, tapi faktanya kejadian lagi. Yep, gw berada lagi di keadaan yang sama. Sengaja atau ngga sengaja, ini tetep salah gw juga yang ngga bisa tegas ngambil keputusan dan mengungkapkan apa yang jadi kemauan dan ganjalan hati gw.

 

Waktu berjalan terus, dia pikir gw semakin yakin, padahal secara mental gw semakin mundur dari keyakinan gw sama hubungan ini. Hampir setiap bulan gw mengajukan mendingan putus aja, tapi dia menolak dan ngga menggubris dan ngga pengen tahu apa yang salah sama gw. You know, what doesn’t kill you actually fucks you up mentally, wakes you up in the middle of night with tears, destroys you inside and makes you wish it did kill you. That was what happened to me.

 

I’m not trying to playing victim here, in fact he is playing victim dan mencoba mencari simpati orang lain. Jika dia ditanya mengenai ini, dia juga pasti punya banyak keluhan dari sekian lama kami pernah bareng. But this is definitely in my point of view.

 

Okay, that was too much information, I guess.

 

Intinya, setelah segala hal yang gw hadapi, akhirnya gw bisa terbebas dari ketidaknyamanan gw. Alhamdulillah, syukur sebesar-besarnya dan sedalam-dalamnya. Gw banyak belajar dari pengalaman gw kemarin, dan broken-nya gw kemarin berangsur-angsur pulih. Hidup tanpa kekangan batin itu sungguh sangat lega. Kurun waktu sekian bulan yang menyiksa itu pada ujung jalan tahun ini kemudian jadi refleksi diri. PR berat untuk gw adalah mengangkat diri gw dari keterpurukan, menengadahkan lagi dagu gw untuk merasa cukup baik sebagai seseorang yang pantas mendapatkan kasih sayang yang baik dari orang lain. Karena… ya, pengalaman kemarin sangat bikin gw mentally brokedown.

 

***

 

Hari ini, gw bisa dengan mudahnya senyum tanpa kepura-puraan, tertawa lepas, memandang masa depan gw yang masih sangat berkemungkinan untuk gw bikin cerah. Jiwa gw sangat ringan. Tanpa beban. Ga ada lah istilah ‘can we please undo 2016’, yang ada ‘gfys 2016!’.

 

It has been really hard back then. And I survived with some scars. And that was enough.

I don’t wanna look back, this will be the last time.

 

 

So, 2017… Let’s rock!

Tinggalkan Balasan

