17 Agustus di Batu Hiu

…sambungan cerita dari Body Rafting at Citumang…

Selesai bilas tubuh, kami cabut lagi ke homestay karena sudah mulai sore. Melihat orang-orang sedang serius ujian online, kami datang tanpa keributan karena takut ganggu. Yang ngga ujian pada masak liwet seperti kebiasaan kami kalau lagi kumpul-kumpul dimanapun. Jujur, waktu itu gw cape banget, badan juga lumayan pegel karena tadi loncat-loncat dan menjatuhkan diri ke air berkali-kali. Ga sengaja gw ketiduran sementara yang lagi MASAK adalah temen-temen cowo. Maapkan! Haha… bagian semuanya udah mateng, malah gw yang disuruh duluan makan, haduh malu banget! Tapi kami menggelar daun pisang berlembar-lembar dan makan bareng lesehan. Menunya nasi liwet, telur dadar, ikan asin, sambel, tahu, tempe. Ah, nikmatnya! Sisa hari itu, setelah makan malam kami cuma ngumpul dan ngobrol-ngobrol kesana kemari sambil ngemil.

 

***

 

Keesokan harinya gw bangun pagi-pagi berhubung males rebutan kamar mandi. Gw udah siap dan cantik tapi pas ngeliat temen-temen yang lain malah belum pada bangun. Yak! Baiklah… Menunggu mereka siuman dan siap-siap, gw di halaman rumah aja yang luas dan berumput hijau segar. Baru nyadar juga bahwa hari ini adalah 17 Agustus, hari kemerdekaan Indonesia tercinta.

 

Sekitar jam delapan, hampir semua temen udah siap untuk cabut. Kami rombongan mobil izin pergi duluan takut kena macet atau kendala lain. Tujuan kami selanjutnya adalah Pantai Batu Karas, ngga tau juga ide siapa yang mencetuskan kita untuk pergi kesana. Tapi ya daripada ke Pantai Pangandaran yang sudah tak indah lagi, mendingan Batu Karas aja. Di perjalanan kami menemukan beberapa lapangan yang sedang mempersiapkan upacara hari kemerdekaan dan banyak sekali orang berbaris dengan rapi untuk mulai karnaval. Kostum mereka warna-warni dan meriah! Ada yang jadi pahlawan pejuang, noni-noni belanda (lengkap dengan wig), anak-anak kecil memakai kostum baju daerah sampai ada kendaraan yang niat banget dimodifikasi jadi berbentuk helikopter! Salut sama kreatifitasnya!

 

Kami di mobil berkomentar banyak tentang ini. Betapa di kota-kota kecil dan desa, momen peringatan hari kemerdekaan adalah hari yang special yang menjadikan seluruh masyarakat merasa wajib terlibat untuk merayakannya. Betapa atmosfir suka cita peraihan kebebasan bernegara ini disambut hangat dan meriah selalu berulang dari tahun ke tahun tanpa bosan. Betapa hadiah mendapat pengakuan sebagai negeri yang mandiri adalah suatu hal yang tak bosannya disyukuri masyarakat-masyarakat ini.

 

Di tengah jalan, di lebar jalan yang tidak terlalu besar, mobil kami stuck karena berdesakan dengan orang-orang yang baris karnaval. Kami yang sedari awal membuka jendela agar bisa menghirup udara desa bisa mudah terlihat dengan jelasnya dari luar mobil. Salah seorang ibu di barisan itu bilang

“Upacara, Mbak, ini tujuh belas Agustus” O ow! Malu gueee! Jadi gw jawab sekenanya aja

“Iya Bu, mau upacara di Batu Karas” Langsung gw tutup jendela gw. Haduuhh!

Untungnya kami cepat-cepat bisa kabur dari kerumunan karnaval itu haha!

 

Sampai di Batu Karas kami ngga berencana untuk basah-basahan kuyup main air, cuma pengen foto-foto aja dan nikmati suasana pantai. Turun dari mobil, udara panas dan lengket khas pantai langsung terasa. Batas kami hanya sampai jam 11 siang dan harus segera cabut pulang ke Bandung, jadi kami langsung kalap foto-foto.

batu karas 170816.jpg

Ditengah keriaan kami liburan dan menggila, gw sebentar memisahkan diri dari temen-temen yang lain duduk di pasir coklat dan mandang jauh ke luasnya laut. Mendapat teman segila ini, mendapat momen seluar biasa ini, mendapat kesempatan membuat kenangan dan cerita seriang ini dalam satu fase dalam hidup adalah hadiah terhebat yang gw terima dalam hidup. Dan gw… sangat bersyukur.

 

-The best thing about memories is making them…-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s