Happy! #30HariMenulis Hari ke-14

Dikarenakan saya belum menikah  and I still haven’t did anything yet with my womb, maka satu hari dimana saya merasa bahagia bukanlah suatu momen emosional yang akan berhubungan dengan pernikahan, kelahiran anak pertama atau keluarga kecil baru. And I’m totally fine with that. Saya bahagia dengan apa adanya saya sekarang ini. Dan entah karena saya yang agak workaholic atau karena mungkin belum banyak hal yang terjadi dalam hidup saya, tema berbahagia ini ternyata akan merujuk ke memori yang berhubungan dengan pekerjaan. Doh!

 

So, momen bahagia saya adalah setiap tanggal 1.

 

Hahaha, just kidding! That’s too obvious!

 

Jadi gini, saya akan ajak kalian masuk ke dunia dibalik retail. Ceritanya balik lagi ke sekitar antara tahun 2010 atau 2011, kurang begitu ingat tepatnya. Saya masih menjabat Senior Administrasi Staff di Ace Hardware. Setiap enam bulan sekali kami melakukan Stock Opname atau penghitungan barang secara detail. Biasanya, Surat Keputusan Stock Opname (SK SO) diterima satu bulan sebelum hari H karena persiapan yang memang panjang sekali. Setiap kali pagi-pagi Manager dengan wajah serius bilang “Niek cek email deh” dapat dipastikan SK SO sudah turun. Dan dapat dipastikan kerjaan saya jadi double, karena pekerjaan Administrasi harus terus berlangsung dan pekerjaan SO juga harus dikejar.

 

Sebenarnya SO adalah ‘hajatan’-nya Accounting. Tapi pada prakteknya, segala macam persiapan di lapangan ya Admin ini yang ngurusin segalanya. But believe me, sebulan lebih kehebohan pekerjaan ini menyenangkan sekali! Saya selalu happy disaat menjelang SO. Dimulai dengan pengangkatan PIC (Person In Charge) Manager artinya Manager yang mendampingi saya untuk memastikan semuanya oke. PIC Manager ini juga jadi back up saya, ketika omelan saya ga mempan maka sang Manager akan turun tangan. Kala itu PIC Manager yang dipasangkan dengan saya adalah Pak Dede. Orang paling gojlag, simple dan logis yang pernah jadi boss saya.

 

Mungkin Anda ga pengen tahu detailnya, tapi saya akan tetap jelaskan. Agenda inti SO meliputi beberapa hal utama. Diantaranya;

Pertama adalah mengatur jadwal kerja shift selama sebulan semua karyawan yang jumlahnya kurang lebih 100 orang. Saya mengaturnya tergantung dari kebutuhan saya. Ketika ada rangkaian SO, saya atur orang-orang yang saya anggap mampu atau senior di jadwal pagi biasanya.

Perapihan barang-barang di Top Shelving, Top Wall dan Top Rack juga merapikan semua area dagang yang terjangkau Customer.

Ada juga Simulasi SO, karena SO ini adalah suatu acara serius yang bisa dikatakan menjadi pembuktian suatu Bussiness Unit dalam menjaga inventory yang sudah dipercayakan Head Office, maka semua orang perlu paham benar seluk-beluk SO termasuk anak-anak baru.

Pemetaan dan penamaan lokasi, ini saya sendiri yang kerjakan. Setiap section saya buat gambarnya dan buat namanya. Seluruh store bisa sampai 400 lebih nama lokasi. Penempelan nama lokasi dengan sticker pun sebagian besar saya yang lakukan dan biasanya saya naik-naik tangga untuk menggapai lokasi yang tinggi.

Listing, yaitu ‘pendataan’ seluruh barang di store tanpa terkecuali dan tanpa dihitung.

Pra SO atau curi start. Saat ini barang sudah mulai dihitung tapi baru menggarap penyimpanan barang di tempat tinggi yang tidak mudah diambil Customer dan pergerakan keluar masuknya dapat dimonitor.

SO atau hari H. Ini dia puncaknya. Biasanya tim inti SO dijadwalkan datang sore untuk kerja sampai subuh hari berikutnya. Yes, kami begadang.

 

Kerusuhan diatas itu belum mencakup semuanya. Daily checklist, weekly checklist, penyiapan form, penyelesaian data-data pending dan lain-lain juga harus diselesaikan oleh saya sendiri. Masa-masa SO begini sudah hampir tak mungkin menentukan jam pulang kerja dan membuat janji dengan teman-teman diluar. Saya milik Ace Hardware sepenuhnya! Hahaha… but then again, I was so happy J

 

Setiap akan melakukan pekerjaan di awal shift pagi, awal shift siang dan akhir shift siang saya wajib memberikan informasi terkini tentang persiapan SO. Saking setiap harinya saya bicara di briefing dan membicarakan tentang SO, saya jadi dipanggil Ratu SO -_- but that was a compliment, they said. Whatever. Yang penting semua orang mendapat patok informasi yang sama tentang persiapan hajatan ini.

 

Karena saya tidak mau suasana terlalu tegang dan karena saya butuh tenaga teman-teman saya selama sebulan penuh, saya biasanya menyisipi akhir briefing dengan

“So, sebagai penutup, karena saya butuh kalian di waktu-waktu ini, jadi tolong jaga kesehatan, jangan dulu ada begadang, minum vitamin.” Responnya berbeda-beda, ada yang bilang

“Ah seneng kalo udah deket SO, Nunik pasti perhatian sama saya” Ish -_- atau

“Duh manis banget niek kalo juteknya ilang” hadeuh, atau

“Bersyukurlah kalian, saya aja ga pernah diperhatiin begitu.” Itu dari pacar saya dulu. Hahaha!

 

Hari H selalu menegangkan. Antara mengejar waktu seperti Sangkuriang yang harus menyelesaikan pekerjaan sebelum subuh dan juga harus menjaga konsentrasi supaya tidak ada kesalahan. Teman-teman lain berhitung, saya menjadi pengawas dan penerima laporan. Biasanya kopi malah membuat saya semakin deg-degan, jadi saya menghindari kantuk dengan ngemil *apa urusannya?! :p

 

Atur sana, atur sini, lari kesana, cek kesini sebenarnya melelahkan. Tapi energy saya sangat besar sampai saya merasa harus terus bergerak. Waktu bergulir dan pekerjaan demi pekerjaan terus dilakukan, section demi section dihitung, kertas koreksi demi kertas koreksi diselesaikan. Sampai akhirnya semua bagian selesai terhitung. Saya minta teman-teman saya untuk istirahat dulu menunggu hasil, sementara saya semakin deg-degan. Bagaimana tidak, hasil kerja teman-teman sebulan ke belakang hasilnya akan diketahui sebentar kemudian dan jangan sampai hasilnya lebih buruk dari SO sebelumnya. Jika tidak… ah pokonya jangan sampai! Saya bahkan tak bisa membayangkannya.

 

Saya, Accounting Store, Accounting Head Office dan para Manager berkumpul menatap layar monitor yang sedang menghitung perbedaan hitung antara stock komputer dan stock fisik yang tadi baru dihitung. Nilai discrepancy (selisih) plus dan minus SO sebelumnya sudah di pajang diatas monitor jadi kami bisa langsung membandingkan dengan hasil SO sekarang. And… YES! Kami berhasil menurunkan discrepancy plus dan minus! YES! Sejujurnya saya sangat ingin menangis bahagia dan memeluk seseorang, siapapun, di ruangan itu. Tapi tentu tidak mungkin. Lalu kami keluar untuk mengumumkan hasil SO pada teman-teman lain.

 

Saya sudah tidak bisa berkata-kata, jadi menyerahkan pengumuman pada Pak Dede saja agar beliau yang menyampaikan.

“Oke, sebelumnya, apapun hasilnya saya sangat berterimakasih atas kerjasamanya selama ini. Ini serius, bukan bercanda.” Tegasnya yang malah membuat kami jadi tertawa. “Sudah menjadi teman yang gojlag, partner kerja yang bisa diandalkan dan menjadi keluarga kedua. Terima kasih. Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari kalian.” Oooke… kali ini mata saya berkaca-kaca. Pembicaraan diteruskan dengan membacakan hasil opname dan semua bersorak gembira. Saya juga, saya sangat gembira :’)

 

Setelah pembacaan angka-angka itu, pembicara diambil alih oleh Top Manager sementara Pak Dede melipir ke arah saya.

“Give me five.” Ujarnya sambil mengangkat tangan. Saya menyambut tos-nya. Dan dia bergerak ke pinggir bermaksud ngajak semua orang yang ada disitu ber-high five ria.

Tidak pernah ada pimpinan yang serendah hati ini. Se-menghargai ini. Se-merangkul ini. Saya benar-benar sangat beruntung pernah menjadi bagian dari tim yang luar biasa seperti mereka :’)

BenQ Corporation
Lagi bingung cari selisih :p

 

Kenapa saya masih ingat semua hal diatas yang sudah tidak saya lakukan bertahun-tahun lalu? Karena saya sangat happy saat menjalaninya.

Tinggalkan Balasan

