NgeTrip Lageee… (part 1)

Jauh-jauh hari…

Gw udah ngeceng dua tanggal merah berturut-turut di bulan Mei. Kebetulan deket juga sama hari Minggu walaupun terhalang hari Sabtu yang warnanya hitam. Tapi gw emang udah berniat “hajar” hari Sabtu kalau-kalau kantor ga meliburkan Hargoknas itu –hari kagok nasional, red-. So, tanpa bikin acara sendiri, temen jalan-jalan gw tiba-tiba menghubungi sekitar satu bulan sebelum libur. Kalimat tanya yang selalu bikin gw kontan deg-degan adalah

“Liburan depan ada acara kemana?” pesan dari A’Gugun –sesama doyan jalan- Yuuhuu!

“Emang ada rencana kemana?” gw balik tanya.

“Tidung, yuk?”

“HAYU!”

 

***

 

Satu minggu sebelum keberangkatan.

 

Gw kira acaranya batal karena ga ada lagi info lanjutan dari temen gw sampai akhirnya chat yang gw tunggu-tunggu dateng juga. Beliau ini ngasih tau list siapa aja yang fixed ikut dan setiap harinya terus-terusan ada pergantian anggota. Entahlah ada berapa kali in-out orang-orang itu dan masih ada juga orang yang diajakin tapi belum ngasih kabar akan ikut atau ngga-nya. Tapi ngga terlalu gw pikirin sih; pertama, karena gw bukan panitianya. Dan kedua, tanggal keberangkatan pun masih jauh.

 

***

 

4 hari sebelum keberangkatan.

 

Jadi, teknis perginya kami dari rumah (Bandung) ke Pulau Tidung detailnya begini :

Bandung – Jakarta (Muara Angke) via mobil atau bus sebagai alternatif lain

Muara Angke – Pulau Tidung via kapal

Seminggu sebelum keberangkatan, salah satu teman kami yang mobilnya akan dipakai untuk pergi dari Bandung ke Jakarta mendadak membatalkan kesanggupannya, mungkin khawatir karena si mobil memang akan diparkir di Muara Angke sampai tiga hari. Tapi imbasnya; panitia satu-satunya yang mengatur segala hal harus putar otak mencari pengganti mobil karena memakai bus atau kereta api bukan alternatif yang baik. Gw masih slow dan ga ikut merekomendasikan rental mobil sampai akhirnya A’Gugun (sang panitia) tadi dapet harga mahal untuk rental mobil pengganti. Gw hitung-hitung rasanya sayang juga kalau harus ngeluarin extra budget kalau memang masih bisa diusahakan cari yang lain.

 

I should’ve say this at first bahwa kami adalah traveler menggembel (haha!), bukan type bawa koper dan sepanjang jalan nyaman-nyaman aja karena punya duit banyak bisa beli fasilitas yang mewah. Jadi, semakin minim budget yang dikeluarkan, itu (jelas) semakin baik. So, turun tanganlah gw demi menekan pengeluaran :p Hanya tinggal posting status di socmed, info berhamburan datang. Dan dari penawaran-penawaran mereka, gw bandingin yang paling murah adalah penawaran dari tetangga gw yang jaraknya hanya terhalang 4 rumah hahaha so silly! Bahkan orangnya langsung datengin rumah gw untuk deal-dealan harga. Yep, you’ll never know until you try.

 

***

 

1 hari sebelum keberangkatan.

 

“Niek, ada yang cancel, ga jadi ikut.” Pesan dari A’Gugun yang kontan bikin gw bertanduk. Ggrrrrr… come on! Ini udah last minute dan ada yang tiba-tiba cancel?! Please! BUT, I hate this part, gw tetep harus peduli sama kelangsungan liburan ini. Ketidak-ikutsertaan satu orang pastinya ngaruh sama perduitan, terlebih patungan uang mobil yang dari kemarin udah dibagi rata untuk 8 orang (kapasitas satu mobil). Nampaknya gw masih harus muter otak untuk cari peserta lain yang mau ikut. Kebetulan kemarin-kemarin gw liat status orang yang pengen ke Tidung. Temen-temen yang lain juga pada cari orang yang mau ikut.

 

Dikarenakan perjalanan ini jauh dan memerlukan biaya yang lumayan, ngajakin orang buat cabut ke Tidung 3 hari 2 malam di H-1 jelas bukan perkara yang gampang. Dan gw ngerti saat orang-orang yang gw ajakin banyak pertimbangannya. Gw ngabarin di jam pagi menuju siang, mereka minta waktu untuk ngasih keputusan di malam hari. Yes, itu bikin nervous juga. Kalo orang bilang penyanyi nervous-nya saat mau manggung, ternyata orang yang doyan jalan juga bisa nervous saat hari keberangkatan sudah menjelang. Terlebih saat kuota orang berkurang.

 

Tick tock! Malam tiba, tiga kabar masuk.

  1. Orang yang tadi pagi cancel, ga jadi cancel
  2. Salah satu temen gw berhasil ngajak satu temen lain buat ikut
  3. Gw juga berhasil ngajak temen gw

Doeng! Kuota malah jadi nambah. Total orang yang akan ikut seharusnya 8 malah jadi 10. Dan kita ga mungkin ngebatalin salah satu temen yang udah setuju buat ikut kan?! Kami juga ga mungkin tambah mobil karena kelebihan hanya dua orang. Maka, Avanza yang segitu-gitunya dicukupkan untuk 10 orang ini dengan formasi duduk 2-4-4. Kagak ada kiper!

 

You know, people say always trust your first gut instincts. If you feel something’s wrong, it ususally is. I had a bad feeling about this, but… letting myself just laying in bed for 4 days off will not make it cooler either. So, nekat aja lah.

 

***

 

Hari H

 

Semakin sering pergi-pergian, semakin males ngadepin acara packing. Kalo mau bikin satu tas khusus jalan-jalan yang didalemnya kelengkapan baju dan lain-lain tanpa harus unpacking, koq rasanya gw belum sampai ke tahap tukang jalan-jalan se hardcore itu ya haha! Jadi proses packing dengan berat hati gw kerjain juga. Setelah pulang ngantor rencananya gw akan packing lalu istirahat bentar mengingat posisi duduk di mobil nanti akan sangat tidak nyaman sementara gw sangat butuh istirahat. Belum lagi kemungkinan terburuk dapet spot yang nanggung pas duduk di kapal nanti. Tapi kenyataannya, kegelisahan dan kegugupan gw ngadepin perjalanan jauh bikin gw ga konsen buat tidur.

 

Jadwalnya kami janjian ketemu jam 11, tumben ga pada ngaret. Tantangan pertama ya ketika kami harus mengatur posisi diri biar muat di Avanza malang itu. Formasi 2-4-4 berhasil tapi konsekwensinya kami didalem berebut oksigen dan ga ada satupun yang duduk nyaman. Well… here we go!

 

… bersambung …

Tinggalkan Balasan

